Rabu, 19 Juni 2013

Pencak Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka


Indonesia memiliki berbagai suku dan pastinya memiliki banyak perguruan pencak silat  salah satunya adalah perguruan pencak silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka, Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka adalah sebuah Organisasi seni beladiri (pencak Silat) yang lahir di daerah sunda, tepatnya di Kp.Gegerpasang, Ds.Sukarasa, Kec.Samrang, Kab.GarutGadjah Putih Mega Paksi Pusaka didirikan oleh Maha Guru KH. Adji Djaenudin Bin H.Usman pada 20 Mei 1959. Maha Guru lahir di Kp.Gegerpasang, Ds.Sukarasa, Kec.Samarang, Kab.Garut pada tahun 1908 dan beliau telah terjun dalam dunia persilatan pada tahun 1927.


KH. Adji Djaenudin Bin H.Usman

Sejak saat itu maha guru mulai berguru pada guru guru silat antara lain :
Mama H.Usman (Syahna Samarang), Endjam Djamhari (pangalengan Kab.Bandung), Mama Sa'i (Cimindi Bandung), Embah Bi'in (Ciampea Taralikolot Bogor ), Bang Jam'an & Bang Alip (Kuwitang Jakarta ).


● Moto Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka
Gadjah Putih memiliki sebuah moto yang berbunyi :

Elmu Luhung Teu Adigung
Sakti Diri Teu Kumaki
Yakin Usik Kersaning Illahi "

yang berarti

"Ilmu Tinggi Tidak Angkuh
Sakti Diri tidak Takabur
Yakin Prilaku perkenan Illahi"

dengan moto tersebut dapat dijelaskan jika kita memiliki ilmu baik secara fisik maupun batin yang mempuni kita tidak boleh angkuh, begitupun jika telah merasa diri kita sakti jangan pernah takabur, dan yakinkanlah bahwa setiap prilaku atau perbuatan kita harus di ridhoi oleh Allah SWT.

 Lambang Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka
Lambang yang lahir dari tafakur Maha Guru KH. Adji Djaenudin bin H.Usman kepada Allah SWT ini memiliki arti sebagai berikut : 
GADJAH PUTIH : Seekor satwa besar yang gagah berani berwarna putih yang melambangkan kesucian, diibaratkan sebuah kendaraan dalam membela kebenaran dan kebajikan hidup yang diridoi oleh Allah SWT, dan belalai gajah dengan kelincahannya serta kuat bermulti guna demi kemaslahatan umat manusia.
MEGA : Luhur, bercita-cita tinggi dalam membela nusabangsa yang berpancasila dan beragama.
PAKSI : Jujur, Cepat, Lurus demi keadilan, kebenaran dan keparipurnaan hidup manusia Duniawi dan Uhrowi.
PUSAKA : Terpelihara, Wajib dipelihara warisan leluhur supaya tetap tunggal dengan kesatuan dan persatuan dalam membela dan mencapai cita-cita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar